Overview

LATAR BELAKANG

Kasus kasus dengangawatdaruratbedah trauma dan non trauma, merupakan kasus yang banyak dijumpai di pusat pusat pelayanan kesehatan baik di rumah sakit atau klinik, sebagian kasus trauma di akibatkan oleh kecelakaan lalulintas. WHO melaporkan bahwa setiap hari ada 3400 kasus kematian per hari akibat ktrauma yang di sebabkan kecelakaan lalulintas.(WHO 2010) laporan terbaru menyatakan bahwa 10 dari 1 juta orang terluka atau cacat akibat kecelakaan lalulintas (Piertarasik 2014).Berdasarkan kelompok usia kecelakaan lalulintas merupakan penyebab kematian terbesar pada rentang usia 15-29 tahun, posisi dua usia 5-14 tahun dan posisi tiga di usisa 30-44 tahun (WHO 2009)

Agar penanganannya baik maka perlu penanganan yang cepat dan tepat. Perlu mengetahui hal – hal apa saja yang harusdiperhatikan, kapanwaktu yang tepatuntukdilakukanoperasi, apatanda-tandadariadanyatanda-tandaakutpada masing – masing kasus baik trauma ataupun non trauma, dan masih banyak yang harus di perhatikan untuk penatalaksanaan lebih lanjut.

Banyak penatalaksanaan kurang tepat mengakibatkan morbiditas dan mortalitas kepada penderita. Hal ini lah yang mendorong IKABI Cab Aceh untuk meningkatkan konstibusi kepada masyarakat, IKABI aceh merencanakan kegiatan ilmiah berupa seminar,  yang di tujukan kepada  medis umum khususnya mahasiswa kedokteran, Dokter Muda, Residen serta Perawat yang tertarik kepada ilmu Bedah; trauma dan non trauma pada tanggal 17 September 2017 dengan tema PELAYANAN TERKINI PADA KASUS BEDAH ; TRAUMA DAN NON TRAUMA DI PUSAT LAYANAN PRIMER