USK Conferences, Roundtable for Indonesian Entrepreneurship Educators 2018

Font Size: 
PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT MELALUI PEMFANFAATAN PEKARANGAN DENGAN TEKHNIK BUDIDAYA HIDROPONIK
yudha andriansyah putra, gustina siregar, sri utami

Last modified: 2018-09-01

Abstract


Kecamatan Medan Helvetia merupakan wilayah dengan kepadatan penduduk yang tinggi dan merupakan ciri dari perkotaan. Salah satu kelurahannya adalah Kelurahan Dwikora selain penduduk yang padat pemilikan lahan pekarangan  belum dioptimalkan serta tingkat pendapatan masyarakat yang rendah. Dalam hal ini perlu upaya memberikan pengetahuan berupa inovasi dalam pemanfaatan lahan pekaranagan dengan teknologi budidaya hidroponik yang tidak memerlukan lahan yang luas.

Dari hasil survei awal yang dilakukan maka tujuan yang akan dicapai adalah mengembangkan kelompok masyarakat yang mandiri secara ekonomi dengan memberikan keterampilan tentang teknik budidaya tanaman hidroponik, teknik pengemasan hingga pemasaran dan  memberikan pengetahuan tentang peluang agribisnis sayuran hidroponik dimasa yang akan datang. Sedangkan  target khusus yang akan dicapai adalah masyarakat  memiliki kemampuan dalam meningkatkan atau menambah penghasilan keluarga dari budidaya hidroponik serta merubah perilaku dalam memanfaatkan pekarangan rumah agar mempunyai nilai ekonomis.

Adapun metode yang akan digunakan adalah dengan membuat demplot  dan pelatihan dari tim serta narasumber yang ahli dalam hal budidaya tanaman hidroponik , pengemasan dan pemasaran guna memberikan keterampilan kepada mitra untuk selanjutnya dilakukan wawancara untuk mendapatkan data-data sesuai dengan kebutuhan analisis

Terdapat peningkatan pendapatan masyarakat dari tanaman hidroponik rata-rata Rp. 200.000/ musim tanam, tergantung jenis sayuran yang diusahakan. Terjadi perubahan perilaku (pengetahuan, keterampilan, dan sikap) msyarakat dalam adopsi teknologi budidaya hidroponik.


Keywords


hidroponik, teknologi, pekarangan