USK Conferences, Roundtable for Indonesian Entrepreneurship Educators 2018

Font Size: 
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN DALAM MEMBELI SAYUR ORGANIK DI PASAR MODERN KOTA MEDAN
yudha andriansyah putra

Last modified: 2018-09-01

Abstract


Pasar produk pertanian berkembang pesat seiring pendapatan masyarakat. Bagi pasar mpdern, makanan segar memiliki peluang cukup besar karena penjualannya belum maksimal. Semakin banyak atribut preferensi kosnumen dalam memenuhi kebutuhan akan sayur-sayuran, mengakibatkan keterlibatan konsumen dalam memilih produk sayur-sayuran semakin diperhitungkan. Keputusan pembelian oleh konsumen merupakan tujuan awal dari usaha ritel dalam memasarkan produk-produknya, selanjutnya  pengusaha ritel harus berusaha terus-menerus untuk memenuhi kepuasan konsumennya agar timbul loyalitas konsumen. Rumusan masalah penenlitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen membeli sayur organik, sejauhmana strategi bauran pemasaran mempengaruhi kepuasan konsumen membeli sayur organik, sejauhmana hubungan kepuasan konsumen dengan loyalitas konsumen dalam membeli sayur organik, dan bagaimana perbedaan sikap dan minat konsumen dalam membeli sayur organik di Carrefour plaza Medan fair, dan Supermarket Brastagi, Medan.

Teori yang digunakan adalah teori tentang perilaku konsumen adalah faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen. Teori lainnya adalah teori tentang penjualan produk sayur-sayur organik, teori tentang nilai pelanggan, teori bauran pemasaran dan tentang sikap dan minat konsumen.

Metode penelitian ini adalah studi kasus yang didukung survey untuk mengumpulkan data mengenai faktor-faktor terkait dengan variabel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli sayur organik di kedua tempat penelitian. Sampel digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 orang terdiri dari 50 orang  di Carrefour Plaza Medan Fair, dan 50 di Supermarket Brastagi Medan. Metode yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Metode analisis yang dipakai adalah Regresi linear Berganda.

Dari hasil penelitian dihasilkan bahwa nilai Signifikansi dengan alpha (α) 0,10 maka nilai Sig < 0,10, dapat diartikan bahwa secara serempak variabel produk (X1), harga (X2), lokasi (X3), fasilitas (X4), pelayanan (X5) berpengaruh signifikan terhadap variabel pembelian sayur organik sayur organik (Y).


Keywords


organik, sayur, pemasaran