USK Conferences, Seminar Nasional MIPA III

Font Size: 
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPRIK PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMKN 5 TELKOM BANDA ACEH
Desy Sary Ayunda, Jamaluddin Jamaluddin, Samsul Bahri

Last modified: 2017-12-14

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh penerapan Model Pembelajaran Comprik pada materi besaran dan satuan terhadap hasil belajar siswa SMKN 5 Telkom Banda Aceh yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Comprik pada materi besaran dan satuan terhadap hasil belajar siswa di SMKN 5 Telkom Banda Aceh. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan design control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 5 Telkom Banda Aceh dan sampelnya adalah kelas RPL 3. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan soal tes. Data dianalisis menggunakan stastistik uji t untuk menguji perbedaan hasil belajar dan N-Gain untuk melihat peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar antara kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Comprik dengan kelas yang diajarkan tanpa model pembelajaran comprik. Analisis data dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Comprik terhadap hasil belajar siswa.

Full Text: PDF