USK Conferences, Seminar Nasional MIPA III

Font Size: 
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW BERBANTUKAN MEDIA ONLINE FACEBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA
Intan Wulan Sari, Susilawati Susilawati, Abdul Halim

Last modified: 2017-12-14

Abstract


Penelitian ini mengangkat masalah apakah ada pengaruh metode SQ3R berbantukan media online facebook terhadap hasil belajar fisika siswa kelas IX pada materi Tata Surya di MTsN Rukoh Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode SQ3R berbantukan media online facebook terhadap  hasil belajar fisika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTsN Rukoh. Sedangkan untuk menentukan sampel digunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sehingga sampel penelitian ini adalah kelas IX-1 yang berjumlah 28 orang (kelas eksperimen) dan kelas IX-2 yang berjumlah 38 orang (kelas kontrol). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy experiment. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung ttabel = 5,17  1,67 maka Ho ditolak. Hasil belajar fisika yang diajarkan dengan  metode SQ3R berbantuan media online facebook lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar fisika yang tidak diajarkan dengan menggunakan metode SQ3R berbantukan media online facebook. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode SQ3R berbantuan media online facebook terhadap hasil belajar fisika

Full Text: PDF