USK Conferences, Seminar Nasional MIPA III

Font Size: 
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SD DI KECAMATAN LANGSA LAMA
Dini Ramadhani, Nuryanis Nuryanis

Last modified: 2018-01-02

Abstract


Kemampuan berpikir kreatif matematis penting dilatih sejak siswa berada di tingkat Sekolah Dasar. Siswa dilatih menyelesaikan permasalahan bersifat terbuka agar berkembang pemikiran kreatif matematisnya. Perlu kiranya dilakukan penelitian untuk mengungkap tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SD. Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SD di Kecamatan Langsa Lama. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SD di Kecamatan Langsa Lama sebanyak 16 orang yang mewakili siswa yang memiliki katagori kemampuan tinggi. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kreatif matematis, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan serta menggunakan teknik triangulasi data agar memperoleh keabsahan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SD pada katagori kemampuan tinggi berada pada Tingkat Berpikir Kreatif Matematis (TBKM) level 2 yaitu cukup kreatif. Dari 16 siswa katagori kemampuan tinggi, 9 orang berada pada level TBKM level 2 (cukup kreatif) dan 7 sorang berada pada TBKM level 3 (kreatif). Faktor yang paling mempengaruhi TBKM pada katagori tinggi ini adalah indikator fluency (kelancaran). Sedangkan faktor yang sedikit mempengaruhi tingkat berpikir kreatif matematis siswa adalah flexibility (keluwesan)

Full Text: PDF