Font Size:
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP
Last modified: 2018-12-12
Abstract
Model pembelajaran yaitu cara atau teknik penyajian yang digunakan guru dalam proses pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran guided discovery merupakan pembelajaran yang melatih dan membimbing peserta untuk belajar, memperoleh pengetahuan, dan membangun konsep-konsep yang mereka temukan untuk diri mereka sendiri. Pembelajaran guided discovery, peserta didik diarahkan untuk menemukan konsep-konsep fisika. Pada proses pembelajaran ini, peserta didik didorong untuk berpikir dan menganalisa sendiri, sehingga dapat menemukan konsep berdasarkan bahan atau data yang telah disediakan. Melalui model guided discovery Peserta didik diarahkan aktif mengamati, mengemukakan pendapat, diskusi, bertanya, dan menjawab pertanyaan. Guru bertindak sebagai fasilitator untuk membantu Peserta didik menggunakan ide, konsep, dan pengetahuan yang sudah dipelajari sebelumnya untuk mendapatkan pengetahuan baru. Pemahaman konsep merupakan proses berpikir seseorang untuk mengolah bahan belajar berupa informasi yang diterima sehingga menjadi bermakna. Tes pemahaman konsep dengan menggunakan tes soal pretest dan posttest yang menggunakan pilihan ganda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh, penelitian ini menggunakan Quasi Experimental. Intsrumen penelitian yang digunakan yaitu tes pemahaman konsep, tes pemahaman konsep dengan menggunakan tes soal pretest dan posttest, masing-masing terdiri dari pilihan ganda.
Keywords
Model pembelajaran; guided discovery; pemahaman konsep
Full Text:
PDF