USK Conferences, Seminar Nasional MIPA IV

Font Size: 
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA KONSEP CAHAYA
Fauziah Fauziah, Nurulwati Nurulwati, Mukhlis Mukhlis

Last modified: 2018-12-12

Abstract


Salah satu alternatif  untuk meningkatkan hasil belajar siswa  adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketercapaian ketuntasan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah  menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Islam Darul Ulum Banda Aceh, kelas VIII yang berjumlah 29 orang berjenis kelamin semua perempuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembaran observasi aktivitas siswa, keterampilan kooperatif dan instrument yaitu soal yang berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Untuk menganalisis hasil data secara deskriptif  dengan menggunakn persentase. Berdasarkan hasil data diperoleh: (a) dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada materi Cahaya secara klasikal telah mencapai ketuntasan belajar; (b) Aktifitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar fisika pada materi Cahaya telah mencerminkan keterlaksanaan Model pembelajaran Kooperatf Tipe STAD. Aktifitas siswa yang paling dominan adalah berdiskusi atau bertanya antar siswa/guru. Sedangkan aktifitas kooperatif yang paling dominan adalah kerjasama dalam kelompok; (c) melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD, siswa membangun sendiri pengetahuan, menemukan langkah-langkah dalam mencari penyelesaian dari suatu materi yang harus dikuasai oleh siswa, baik secara individu maupun kelompok; (d) dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD, pembelajaran Fisika khususnya pada konsep cahaya lebih menyenangkan.

Keywords


Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif tipe STAD

Full Text: PDF