USK Conferences, Seminar Nasional MIPA IV

Font Size: 
PENGGUNAAN TES DIAGNOSTIK (THREE TIER DAN FOUR TIER) UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS
Ade Rini Handayani

Last modified: 2018-12-12

Abstract


Kajian literatur ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siwa. Data dan informasi di dapatkan dari sumber aslinya maupun dikutip dari sumber sekunder. Dalam kajian ini dipilih 5 artikel nasional dan 5 artikel internasional sebagai dasar dengan tujuan penggunaan tes diagnostik three tier dan four tier untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa dalam pembelajaran. Diantaranya satu penelitian yang dilakukan di Indonesia yang meneliti tentang penggunaan tes diagnostic three tier dan four tier, dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda tiga tingkat dan empat tingkat, kemudian diolah dan didapatkan hasil bahwa teridentifikasi bahwa siswa mengalami miskonsepsi atau kesalahpahaman dalam konsep pembelajaran. Sedangkan artikel lainnya dilakukan di luar negeri, menunjukkan hal yang sama dengan penggunaan tes diagnostik. Hal ini menunjukkan bahwa tes diagnostik dianggap dapat mengidentifikasi miskonsepsi siswa dalam pembelajaran.

Keywords


tes diagnostik; three tier four tier; miskonsepsi

Full Text: PDF