Font Size:
STUDI KASUS PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN KIMIA DI SMAN 7 BANDA ACEH TAHUN 2017/2018
Last modified: 2018-12-17
Abstract
Penelitian studi kasus bertujuan untuk melihat proses pembelajaran pada mata pelajaran kimia dengan materi kimi unsur. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XII di SMAN 7 Banda Aceh tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian yang terpilih adalah peserta didik kelas XII MIA 1 yang berjumlah 34 peserta didik, yang kesemuanya perempuan tanpa laki-laki. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas peserta didik, observasi aktivitas guru dan wawancara. Berdasarkan hasil studi kasus yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa aktivitas peserta didik dalam pembelajaran kimia dapat dikategorikan kurang baik dengan perolehan data persentase yaitu 49,654% dan persentase aktifitas guru yaitu 53.85%. proses pembelajaran kimia masih menggunakan metode konvensional dan media yang digunakan dalam proses pembelajaran berupa media papan tulis. Hasil wawancara dengan guru menyatakan bahwa motivasi peserta didik yang masih rendah membuat guru kurang yakin untuk mengarahkan peserta didik memimpin pembelajaran sehingga pembelajaran hanya berpusat dari guru dan peserta didik hanya cenderung mendengarkan saja.
Keywords
Studi kasus; aktivitas peserta didik; kimia unsur
Full Text:
PDF