USK Conferences, Seminar Nasional MIPA IV

Font Size: 
MENGIDENTIFIKASI PERMASALAHAN SISWA DAN GURU PADA PEMBELAJARAN FISIKA (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 15 ADIDARMA BANDA ACEH)
Abdul Quddus

Last modified: 2018-12-17

Abstract


Studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang permasalahan yang dihadapi oleh siswa dan guru dalam Pembelajaran fisika di SMAN 15 Adidarma Banda Aceh. Subjek pada penelitian ini adalah guru bidang studi fisika, wakil kepala Kurikulum dan siswa XII IPA yang berjumlah 19 orang. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi kegiatan selama di lapangan. Data penelitian yang terkumpul dianalisis melalui proses penyederhanaan ke dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan dipahami. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh siswa tidak suka belajar fisika dikarenakan fisika itu sulit, kurangnya motivasi siswa dalam pelajaran dikarenakan guru jarang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sehingga minat belajar siswa rendah adapun nilai hasil ulangan siswa masih di bawah rata-rata. Demikian juga dengan Hasil UN fisika pada tahun 2016 tergolong rendah dengan rata-rata nilai sebesar 24,17. Selain itu, Fasilitas yang tersedia di Negeri 15 Banda Aceh masih kurang memadai sehingga guru hanya memanfaatkan fasilitas yang ada dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Keywords


fisika; permasalahan siswa; guru

Full Text: PDF