USK Conferences, Seminar Nasional MIPA IV

Font Size: 
PENGEMBANGAN LKPD SAINTIFIK MEMANFAATKAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI EFEK FOTOLISTRIK
Elisa Putri

Last modified: 2018-12-17

Abstract


Pengetahuan fisika dapat diperoleh melalui proses ilmiah. Dalam Kurikulum 2013 proses ilmiah untuk mendapat pengetahuan adalah melalui pendekatan saintifik. Laboratorium virtual adalah solusi menghadirkan pendekatan saintifik meskipun terbatasnya alat praktikum. Permasalahannya adalah bagaimana mengembangkan LKPD yang memanfaatkan laboratorium virtual dengan pendekatan saintifik sehingga efektif digunakan dalam pembelajaran. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan LKPD yang memanfaatkan laboratorium virtual yang fokus pada pendekatan saintifik dan materi efek fotolistrik. Metode pengumpulan data adalah dengan melakukan studi literatur baik nasional dan internasional dari berbagai sumber buku dan jurnal. Dari pengumpulan data diperoleh bahwa LKPD saintifik dengan laboratorium virtual dapat  menarik minat belajar, mudah  dipahami dan bermanfaat setelah melalui prosedur  pengembangan yang tepat meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk yang memperhatikan kriteria LKPD efektif, validitas desain, desain revisi, dan  uji produk. Bagian LKPD disusun untuk mendukung kegiatan saintifik siswa untuk materi efek fotolistrik sebagai materi yang sukar dipraktikumkan nyata dan memerlukan LKPD dalam pelaksanaan praktikum virtual. Penulis merekomendasikan agar adanya penelitian lanjutan untuk mengembangkan LKPD saintifik berbantuan praktikum virtual untuk materi pembelajaran lain khususnya yang tidak tersedia alat praktikum nyata.

Keywords


LKPD; pendekatan saintifik; laboratorium virtual; efek fotolisrik

Full Text: PDF