USK Conferences, Seminar Nasional MIPA IV

Font Size: 
PENERAPAN METODE PROYEK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TITIK BERAT DI MAN KUTA BARO ACEH BESAR
Muhammad Fadhil, Saminan Saminan, Ngadimin Ngadimin

Last modified: 2018-12-17

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, pengelolaan pembelajaran, respon siswa dan hasil belajar pada materi titik berat dengan menggunakan metode proyek di MAN Kuta Baro Aceh Besar.  Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar respon siswa, dan lembar pre test dan post test. Data aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode proyek dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, pengelolaan pembelajaran dengan rata-rata siklus I (3,0 %) dan siklus II (3,4%), serta respon siswa juga sangat senang dan antusias terhadap kegiatan belajar mengajar metode proyek. Selain itu,pengaruh metode proyek terhadap hasil belajar siswa terlihat dari pada siklus I ketuntasan individual (60%) dan ketuntasan klasikal (75%). Pada siklus II ketuntasan individual (90%) dan ketuntasan klasikal (90%).

Keywords


metode proyek; hasil belajar

Full Text: PDF