USK Conferences, Seminar Nasional MIPA IV

Font Size: 
PEMBENTUKAN HABITS OF MIND SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER PADA MATERI ASAM BASA
Ratih Permana Sari, Molani Paulina Hasibuan, Sri Setiawaty

Last modified: 2018-12-17

Abstract


Habits of mind merupakan kemampuan siswa untuk mengontrol perilaku positif agar memiliki rasa percaya diri dan berkepribadian mantap. Dalam pembelajaran kimia habits of mind sangat penting untuk membentuk karakter belajar siswa yang positif. Penelitian ini bertujuan  membentuk kemampuan habits of mind melalui penerapan pendidikan karakter pada materi asam basa. Metode penelitian menggunakan eksperimen kuasi dengan desain “Nonequivalent Control Group Pretest-posttest Design” melibatkan 2 kelas yang berasal dari kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 11 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes awal dan akhir, lembar observasi, rubrik praktikum dan kinerja kelompok, laporan presentasi siswa dan rubrik penelusuruan kebiasaan berpikir produktif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa habits of mind siswa 1). Self Regulated Thingking adalah cukup baik, yaitu kemampuan siswa untuk “Menyadari jalan pikirannya sendiri” mencapai 100 %, “Membuat rencana yang efektif” mencapai 100 % dan “Kemampuan mencari informasi” mencapai 87,50%. 2) Sedangkan Critical Thinking yaitu“Mengupayakan keakuratan” mencapai 90,63%, “Berpandangan terbuka” mencapai 43,75%, dan “Menghindari perilaku tanpa difikirkan” mencapai 93,75%. 3) Kemampuan Creative Thingking adalah “Mengupayakan menye-lesaikan tugas” mencapai 93,75%, “Mendorong sesuatu yang diyakini tidak dapat mengerjakannya” mencapai 81,25%, dan “Menemukan solusi sendiri terhadap masalah” mencapai 84,38%.


Keywords


habits of mind; pendidikan karakter

Full Text: PDF