USK Conferences, Seminar Nasional MIPA IV

Font Size: 
PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Fatimahwati Fatimahwati

Last modified: 2018-12-17

Abstract


Kajian literatur ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik. Data yang digunakan untuk kajian ini didapatkan dari sumber aslinya maupun dikutip dari sumber sekunder. Kajian ini terdiri dari empat artikel yang membahas tentang penerapan PBL dalam proses pembelajaran. Berdasarkan artikel yang dikaji ada dua artikel yang khusus membahas pengaruh PBL terhadap hasil belajar. Artikel pertama yaitu merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart. Setelah pengolahan data maka diperoleh hasil bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan pikomotorik peserta didik. Artikel kedua juga meneliti tentang pengaruh PBL terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan jenis quasi eksperimen.  Hasil yang diperoleh bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik baik aktivitas maupun psikomotoriknya. Sedangkan dua artikel lainnya yaitu membahas tentang pengaruh PBL terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian dua artikel tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik dapat ditingkatkan melalui penerapan model PBL.  Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik, sehingga diharapkan dapat diterapkan di dalam proses pembelajaran di sekolah.

Keywords


PBL; Berpikir kreatif; Hasil belajar

Full Text: PDF