USK Conferences, Seminar Nasional MIPA IV

Font Size: 
KAJIAN PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KIMIA (STUDI KASUS DI SMAN 12 BANDA ACEH TAHUN 2017/2018)
Helvina Haryani

Last modified: 2018-12-17

Abstract


Penelitian studi kasus ini bertujuan untuk mengamati aktivitas peserta didik dan mengetahui tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran kimia di SMAN 12 Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, penyebaran angket kepada peserta didik, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil studi kasus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas peserta didik dalam pembelajaran kimia dapat dikategorikan cukup baik dengan perolehan nilai yaitu 62,5%. Sedangkan tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran kimia termasuk kategori cukup baik, dengan perolehan nilai yang memberikan jawaban positif lebih tinggi yaitu 63,3% daripada yang memberikan jawaban negatif yaitu 36,7%. Penelitian studi kasus ini dapat disimpulkan bahwa persentase yang diperoleh pada aktivitas dan tanggapan peserta didik dikategorikan cukup baik dikarenakan motivasi peserta didik yang masih kurang dalam mengikuti proses pembelajaran kimia.


Keywords


Aktivitas peserta didik; Tanggapan peserta didik

Full Text: PDF