USK Conferences, Seminar Nasional MIPA IV

Font Size: 
PENGARUH LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA
Nova Mauliza

Last modified: 2018-12-17

Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh laboratorium virtual terhadap hasil belajar dan sikap siswa dalam pembelajaran kimia. Hasil dari ketiga jurnal yang telah dikaji menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan terhadap hasil belajar dan sikap siswa. Berdasarkan penelitian pertama mengungkapkan keuntungan menggunakan aplikasi laboratorium virtual dari hasil kumpulan beberapa literatur. Pada analisis jurnal kedua hasil belajar siswa menunjukkan pengaruh positif terhadap hasil belajar dengan nilai pretest rata-rata 5.40 dan mengalami peningkatan pada posttest sebesar 10.67. Sikap siswa terhadap kimia telah berubah dengan nilai rata-rata posttest EG lebih tinggi daripada CG (EG: 103.64, CG: 75.65). Begitu juga dengan hasil penelitian ketiga menunjukkan pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa, pada laboratorium nyata nilai rata-rata lebih rendah yaitu 38.29 sedangkan laboratorium virtual nilai rata-rata 67.25. Sehingga laboratorium virtual ini diharapkan dapat menjadi alternatif dalam melakukan aktivitas laboratorium.

Keywords


laboratorium virtual; hasil belajar; sikap; pembelajaran kimia

Full Text: PDF